Seniman Buta

Tempat kumpulnya kreasi dari para seniman buta dan mau belajar banyak, tahu banyak, dan mengerti lebih banyak.


You are not connected. Please login or register

Mengenal Virus Komputer

Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1 Mengenal Virus Komputer on Tue Apr 30, 2013 10:58 pm

herman.aksara

avatar
Admin
Admin
Pernah kena penyakit influenza atau pilek? Nah kebanyakan penyebabnya adalah virus. Virus bukan saja eksis istilahnya di dunia kedokteran saja tapi juga eksis di dunia komputer, ponsel, dan device lainnya. Semakin umum sebuah operating sistem digunakan akan semakin banyak virusnya. Mengapa karena semakin tertarik para pembuat virus untuk menembus sistem kekebalan si operating sistem atau si komputer itu.

Jenis virus dan karakternya sangat beranekaragam. sulit menjelaskanny satu-persatu disini. Lalu, bagaimana cara menghadapinya? Mari kita baca lebih lanjut artikel ini.

Virus Ponsel
Banyak orang mengatakan beberapa trojan atau worm yang masuk ke ponsel adalah virus. Namun, saya pribadi tidak sepenuhnya setuju. Fungsi awal virus adalah merusak sistem, sedang worn dan trojan tidak. Namun lagi, ada beberapa virus yang juga memiliki kemampuan seperti worm dan trojan. Tetap saja, bagi saya worm dan trojan, bukan sebuah virus. Saya menyebutnya penyakit komputer yang pada struktur hama komputer sejajar dengan virus jadi bukan bagian dari virus.

Kita ambil contoh yang disebut sebagai virus cabir yang mampu mengaktifkan bluetooth secara otomatis. Efeknya baterai menjadi cepat terkuras. cabir disebarkan juga melalui koneksi bluetooth ke ponsel lain. Namun, cabir sekali lagi tidak pernah menyentuh atau merusah sistm operasi ponsel. Lalu, bagaimana cara menghapusnya jika sudah terinfeksi?

Cabir akan menghasilkan file berikut ketika sudah terinstall di dalam ponsel:
- C:\system\apps\caribe\caribe.app
- C:\system\apps\caribe\caribe.rsc
- C:\system\symbiansecure\datacaribe\securitymanager\caribe.rsc
- C:\system\symbiansecure\datacaribe\securitymanager\caribe.sis
- C:\system\recogs\flo.mdl
- C:\system\install\caribe.sis

Semua file tersebut dapat dihapus secara manual. Pertama jalankan aplikasi file manager, lalu hapus file C:\system\recogs\flo.mdl. Setelah itu restart ponsel.

Kemudian, buka menu manager bawaan nokia, lalu uninstall apliaksi bernama caribe.sis. Setelah itu, hapus semua file yang tertera diatas dari ponsel. Sampai disini saya tetap ngotot menyebut cabir bukan sebuah virus, tapi worm. dan worm bukan sebuah virus.

Virus Komputer
Sistem operasi Windows sangat terkenal di mata pengguna komputer. Tidak heran bila sistem operasi inilah yang paling banyak mengidap virus. Anda mundkin pernah mendengar virus sality yang ganas? Yup itu salahsatu virus cerdas komputer. Variannya cukup banyak. Virus ini terus dikembangkan oleh penciptanya dengan melihat perkembangan anti virus yang berusaha mematikannya.

Biasanya virus komputer masuk melalui USB flash drive, atau internet. Situs-situs porno adalah gudang penyimpanan yang paling menarik. Kebanyakan orang akan mencoba membukanya karena penasaran. Atau bisa saja melalui iklan yang muncul ketika kita browsing. Karena itu, jangan mengklik sesuatu yang kita tidak tahu apa fungsinya. Jangan sampai terjebak. Sebelum mencolokkan USB flash drive ada baiknya juga melakukan proses scanning anti virus yang kita miliki. Update terlebih dahulu file definition nya melalui internet. baru lakukan proses scanning.

File definition adalah daftar file virus yang dapat dibasmi oleh sebuah anti virus. Jadi, disamping kita menginstall antivirusnya, kita juga harus mengupdate file definition-nya.

Beberapa antivirus yang penulis sarankan
- AVG - linknya:
http://af-download.avg.com/filedir/inst/avg_free_x86_all_2013_3272a6212.exe

- AntiVir Personal - linknya:
http://personal.avira-update.com/package/wks_avira13/win32/en/pecl/avira_free_antivirus_en.exe

- ClamWin - linknya:
http://fs37.filehippo.com/4235/444e21136c51429aaf4d5bb458da04d7/clamwin-0.97.8-setup.exe

- PCMAV. Untuk yang satu ini tdiak ada link downloadnya. Karena hanya disertakan di majalah PC Media, di dalam DVD nya.


Terimakasih
herman.aksara
Admin Seniman Buta
Seniman Buta Production

Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik