Seniman Buta

Tempat kumpulnya kreasi dari para seniman buta dan mau belajar banyak, tahu banyak, dan mengerti lebih banyak.


You are not connected. Please login or register

Mengenal Komputer - Bagian Ketiga

Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1 Mengenal Komputer - Bagian Ketiga on Sun Apr 21, 2013 8:28 pm

herman.aksara

avatar
Admin
Admin
Mengenal Komputer - Bagian Ketiga
Software Wajib, Software Gratis Aja

Seperti yang sudah saya sebutkan di bagian awal pengenalan komputer bahwa software bertugas menterjemahkan keinginan manusia menjadi bahasa hardware, dan membantu hardware mengeluarkan output yang dapat dimengerti oleh manusia. Selain operating system ada beberapa software yang wajib ada di komputer kita. Dan, sialnya banyak software tersebut yang bukan bawaan Windows. Apa saja itu? Simak yuukkk yang berikut ini.

1 Software Archive
Pernah menemukan file dengan akhiran atau ekstensi zip, rar, tar, maupun 7zip? Yup itu yang namanya file archive. File archive dapat diilustrasikan dengan sebuah paket atau bungkusan. Bayangkan ketika kita hendak membungkus sebuah kado. Namun, fungsi bungkusan pada file komputer tidak dimaksudkan untuk mempercantik tapi untuk memperkecil ukuran file atau menghindari file kita dianggap spam oleh beberapa server e-mail.

Spam termasuk ke dalam sampah di dunia komputer. Jika file kita dianggap spam, kita tidak akan mampu mengirimkan file yang kita maksud lewat server Ada beberapa pilihan software gratis yang berfungsi sebagai archive, diantaranya iZarch, 7zip, peazip, dan masih banyak lagi. Sesuai judul, saya akan merekomendasikan software-software gratis. Mengapa? Karena ketika saya masih menemukan software gratis dengan fungsi yang saya perlukan, saya tidak perlu menginstall software berbayar yang akibatnya membajak sebuah lisensi. Jangan biasakan hal ini terjadi kepada kita.

2 Word Prosessing
Mengetik, itu istilah pengganti termudah bagi word prosessing atau word editor. Nah mungkin Anda telah terbiasa menggunakan software bernama Microsoft Office. Yup, software ini sangat meraja dalam dunia komputer. Microsoft Office tidak otomatis terinstall ketika kita menginstall Windows. Jadi, harus diinstall secara terpisah.

Microsoft Office terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu Word, Excel, PowerPoint, dan Fonrt Page. Microsoft Office bukan aplikasi gratis. Biasanya Office yang ada di komputer kita bajakan. Nah, bagaimana menghindari proses bajak-membajak? Ada beberapa alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti software Office, diantaranya: OpenOffice.org, Libre, dan lain-lain. Pertanyaannya seberapa perlu kita menggunakan sebuah software word editor yang memiliki banyak menu membingungkan.

Kalau saya pribadi mengetik di notepad atau wordpad cukup. Jadi saya hanya menggunakan openoffice.org dalam bentuk portable dari USB flash drive. Saya terlalu kesal dengan beratnya sebuah word editor yang punya banyak menu. Laptop saya laptop jadul tempo dulu. He..he..he.. Jadi sebelum memilih sebuah software ada baiknya kita mempertanyakan kembali, seberapa banyak menu yang kita butuhkan. Untuk apa sih kita menginstall sebuah software? Inti pembelajaran kita adalah memaksimalkan komputer biasa menjadi mampu memenuhi semua kebutuhan kita.

3 Multimedia
Nah nyang satu ini neh abang-abang dan none-none kagak kalah penting. Multimedia itu termasuk, pemutar film, pemutar musik, dan komidi putar. Yang paling belakang enggak usah didengerin ye. Mari kita bagi lagi kategori ini menjadi 2, audio dan video.

a. Audio
Untuk pemutar audio sudah disediakan software Media player pada Windows. Namun, kita masih bisa menggunakan yang lainnya, seperti Winamp. Ini salahsatu software kesayangan saya.

Winamp yang saya gunakan masih versi 2.9. Kenapa? Karena di versi ini saya dapat memaksimalkan penggunan keyboard sebagai kontrol menjalankan semua toolnya. Bagaimana caranya? Dengan menghilangkan beberapa tampilan yang menurut saya tidak perlu. Selain Winamp masih ada Jet Audio. Dulu ada player yang punya tampilan sangat menarik namanya Sonic Media Player. Waktu kecil hobi saya adalah berganti-ganti skin atau tampilannya.

b. Video
Menjalankan video tidak semudah menjalankan file-file audio. Ada banyak format dan jenis kompresi di dalamnya. Ambil contoh avi. Avi merupakan format didalamnya ia masih menggunakan jenis kompresi yang berbeda-beda. Karena itulah sebelum mengisntall video player kita sebaiknya melengkapi komputer kita dengan codec terlebih dahulu.

K Lite Mega Codec merupakan salahsatu andalan saya. Ada banyak format dan kompresi yang dapat dimainkan oleh aplikasi ini. Tampilannya pun sederhana, tidak perlu bermewah-mewah.

4 Anti Virus
Wah..wah..wah.. Ini memang wajib kita install. Kita sebagai orang awam yang tidak tahu soal virus jangan sampai meremehkan hal ini. Virus itu dunianya para programming. Yahh kita-kita cuma tumbal dari keisengan mereka. Beberapa anti virus yang saya sarankan, seperti avira free edition, AVG, dan PCMAV. Ketiga anti virus ini gratis. Avira dan AVG merupakan anti virus butan luar. Jadi menurut saya mereka tidak kompeten untuk membasmi virus-virus buatan lokal. Apa yang saya andalkan untuk membasmi virus-virus lokal? PCMAV atau PC Media antivirus. Saya bukan sedang mempromosikan anti virus buatan teman sendiri ya.

PCMAV terbukti mampu membasmi virus-virus lokal tanpa membuang file yang terinfeksi. Bagian itu yang saya suka. Selain itu, PCMAV juga dapat diintegrasikan dengan anti virus luar bernama ClamAV. Tinggal masukkan saja database ClamAV yang opensource ke dalam aplikasi ini.

Nah untuk sementara cuma ini software penting yang mau saya bagi ke temen-temen. #Kehabisan kopi, bro. Jadi harus keluar dulu nyari warung. See next time my beloved friends!

herman.aksara
Admin Forum Seniman Buta
Seniman Buta Production

2 Re: Mengenal Komputer - Bagian Ketiga on Fri May 03, 2013 3:41 pm

Santika Lucky Sta


Murid Seniman Buta
Murid Seniman Buta
Mohon maaf suhu, kenapa gak di cantumkan sekalian software2 yang disebutkan di atas?
Soalnya tecu pengen punya dan bisa menginstalnya sendiri..
#minta maaf kalau ada yang salah ucap.

3 Re: Mengenal Komputer - Bagian Ketiga on Sat May 04, 2013 3:23 am

herman.aksara

avatar
Admin
Admin
Belum mas santika. Karena ini hanya penjelasan general soal masing-masing kategori software, bukan detail software. Akan teramat banyak kalau saya sertakan disini semua. Nanti ada masanya saya posting software-software terbaik versi senimanbuta. Thanks

Sponsored content


Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik