Seniman Buta

Tempat kumpulnya kreasi dari para seniman buta dan mau belajar banyak, tahu banyak, dan mengerti lebih banyak.


You are not connected. Please login or register

Mengenal Komputer - Bagian Awal

Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1 Mengenal Komputer - Bagian Awal on Sun Apr 14, 2013 4:45 pm

herman.aksara

avatar
Admin
Admin
Mengenal Komputer - Bagian Awal

Komputer bisa jadi cukup mengerikan bagia kalangan tuna netra. Terlalu banyak tombol, terlalu banyak software, terlalu banyak perintah yang dapat kita temukan di komputer. Tidak mengherankan. Karena itu komputer bisa menjadi sangat berguna untuk kalangan tuna netra ketika kita telah terbiasa. Saya ingin memperkenalkan dunia komputer untuk para pemula.

Komputer atau PC atau Personal komputer merupakan sebuah perangkat yang mampu memenuhi banyak kebutuhan kita. Apa sebenarnya bagian-bagian komputer itu?

Komputer terdiri dari software dan hardware. Software digunakan untuk alat kita para manusia berkomunikasi dengan hardware komputer. Bahasa mesin tidak dapat dimengerti manusia karena itu kita membutuhkan software. Ilustrasinya seperti ini: Kita mengetikkan kata atau perintah melalui keyboard lalu keyboard akan mengirimkannya ke software, dan software akan menerjemahkannya ke bahasa mesin agar dapat dijalankan oleh mesin. Sederhana bukan?

Tentang Hardware
Hardware adalah mesin-mesin perangkat keras yang ada pada komputer. Sebuah komputer agar dapat dijalankan wajib memiliki beberapa perangkat keras, yaitu:
1. Motherboard:
ini adalah rumah bagi hardware komputer lainnya. Motherboard berbentuk papan kotak yang di atasnya terdiri dari jalur-jalur PCB dan dudukan untuk meletakkan berbagai hardware, Motherboard berukuran paling besar dari semua hardware internal.
2. Processor:
ini adalah hardware yang berfungsi sebagai otak komputer. Mirip dengan otak manusia processor bertugas mengola semua data, pesan, atau perintah
dari berbagai hardware. Processor ditempatkan pada motherboard.
3. Harddisk:
alat ini fungsinya sebagai penyimpana data kita. Mirip sebuah flahs disk hanya saja berukuran dan berkapasitas lebih besar.
4. VGA Card:
ini adalah perangkat untuk menghasilkan gambar di layar monitor. Tanpa VGA Card komputer kita tidak akan ada gambarnya.
5. Sound Card:
yang satu ini adalah alat untuk memunculkan suara. Tanpa sound card komputer akan menjadi bisu.
6. RAM:
ini adalah alat yang berfungsi menyediakan lahan para software untuk dapat bekerja. RAM menjadi salahsatu penentu cepat atau lambatnya sebuah komputer.
7. Monitor:
tentunya kita tahu alat yang satu ini. Mirip sebuah TV yang tugasnya memunculkan gambardari VGA Card agar dapat kita lihat.
8. Keyboard:
alat ini memiliki banyak tombol-tombol huruf. Fungsinya untuk memudahkan pengetikan. Mirip dengan keypad pada ponsel.
9. Mouse:
alat yang satu ini berfungsi untuk memudahkan proses navigasi atau jelajah kita ke area komputer.
10. Speaker eksternal:
Meskipun soundcard atau motherboard sudah memiliki speaker atau sistem keluaran sendiri namun itu belum sempurna. Untuk dapat mendengarkan lagu kita butuh speaker tambahan. Yang dicolokkan ke konektor soundcard.
11. Power supply:
Nah kita sering menganggap remeh alat yang satu ini. Padahal fungsinya sangat vital, yaitu memberikan tenaga atau power atau pasokan
daya untuk semua hardware komputer. Kita kerap membeli power supply yang murah meriah. Padahal jika power supply jelek maka akibatnya akan fatal terhadap semua komponen komputer. Meledak! Itu yang ditakutkan terjadi.
12. Casing:
setelah semuanya terpasang dengan rapi, mirip anak kecil yang tanpa baju malu kan. Karena itu kita butuh casing untuk menutup isi komponen-komponen
tersebut. Fungsinya juga agar hardware tidak cepat kotor terkena debu-debu halus.

Tentang Software
Seperti yang saya bilang sebelumnya, agar komponen-komponen atau hardware komputer dapat mengerti apa yang kita suruh harus ada yang menjembatani, yaitusoftware. Setelah semua hardware tadi kita pasang tentunya komputer sudah bisa dihidupkan, tapi apa yang muncul di layar? Paling cuma sistem DOS atau BIOS. Belum ada Windowsnya.

Windows adalah sebuah sistem operasi atau operating system atau OS. Sebenarnya OS untuk komputer bukan saja Windows keluarannya Microsoft. Ada Linux buatan Linus Torvald, maupun Mac keluaran Apple. Cuma kita sudah terbiasa dengan nama Windows. Windows versi terbaru adalah Windows 8. Windows 8 sudah mendukung penggunaan layar sentuh. OS adalah rumah bagi
software-software lain, seperti jaws, microsoft office, gold wave, dan lain-lain. OS itu mirip dengan motherboard diatas yang fungsinya
sebagai tempat peletakan berbagai jenis hardware. Penjualan OS terpisah dari hardwarenya. Saya kurang tahu harga terbaru untuk OS Windows 7 atau Windows 8. Untuk Windows XP yang pernah saya beli harganya mencapai 1 juta rupiah untuk lisensi 1 komputer.

Nah setelah OS Windows terinstal di komputer kita, baru kita dapat menghidupkan komputer dan melihat tampilannya. Kita juga dapat memasukkan berbagai software ke dalam komputer kita. Proses install atau proses memasukkan software bisa melalui DVDROM atau alat pemutar kepingan DVD, dan bisa juga melalui USB flash drive. Biasanya software yang akan kita install filenya memiliki akhiran. Exe.

herman.aksara
Admin Forum Seniman Buta
http://senimanbutaforumid.net

Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik