Seniman Buta

Tempat kumpulnya kreasi dari para seniman buta dan mau belajar banyak, tahu banyak, dan mengerti lebih banyak.


You are not connected. Please login or register

Hot Spot dan Multimedia Center di Rumah - Bagian Pertama

Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

herman.aksara

avatar
Admin
Admin
Ini hal yang menarik bagi saya. Istilah hot spot digunakan untuk mendefinisikan lokasi tertentu yang memiliki jaringan internet wireless. Pengertian wireless sendiri adalah tanpa kabel, mirip koneksi ponsel tempo dulu infra red, atau bluetooth. Kenapa hot spot? Karena hanya berada pada satu titik daerah saja.

Dulu kita mengenal jaringan internet dengan menggunakan kabel telepon lewat telkomnet instan, dan beberapa provider lainnya. Kemudian teknologi internet pun dikembangkan. Wireless pada dasarnya tetap menggunakan kabel untuk koneksi ke pusat internet hanya saja untuk pembagian ke pengguna komputer menggunakan sistem wireless atau non kabel. Mari kita ambil contoh hot spot di rumah saya sendiri agar memudahkan praktek.

Saya menggunakan beberapa alat: modem smartfrend seharga 200 ribu, perpanjangan kabel usb 2 buah masing-masing berukuran 2M seharga 25 ribu per satuannya, access point TP-Link R3420 seharga 300 ribu, laptop bekas merk ECS 536 AMD 2.6GHz untuk yang satu ini saya lupa berapa harganya ketika saya membelinya 8 tahun yang lalu, multimedia box merk Patriot Box Office saya beli bekas seharga 600 ribu sudah termasuk dengan wifi dongle yang berbentuk USB flash drive, dan harddisk eksternal 320GB saya juga lupa harganya. Saya menggunakan harddisk eksternal lantaran kapasitas laptop hanya 40GB.

Saya menggunakan modem smartfren karena pengalaman saya yang cukup baik untuk koneksinya sejak lama. Tapi ini juga harus didasarkan pada lokasi tempat tinggal kita. Provider apa yang paling baik koneksi internetnya di tempat tinggal kita. Provider adalah penyedia layanan internet, seperti indosat, telkom, dan lain-lain. Bagaimana mengetahuinya? Penulis mengujinya dengan meminjam beberapa modem milik teman dan mencobanya langsung di rumah. Baiklah kita mulai merangkai tiap bagian.

Letakkan access point tidak jauh dari laptop. Mengapa? Karena saya akan menggunakan kabel RJ45 atau kabel LAN bawaan dari access point TP-Link sebagai penghubung antara access point dengan laptop. Ini dimaksudkan untuk menjadikan laptop sebagai server data atau pusat data.

TP-Link R3420 memiliki port atau colokkan USB yang dimasudkan sebagai tempat meletakkan modem. Nah ini enaknya TP-Link seri ini. Jika Anda hanya ingin membuat hotspot sederhana, tinggal colokkan modem USB ke port access point, selesai. Berhubung daerah saya merupakan dataran rendah, maka saya harus meletakkan modem smartfren di tempat yang tinggi. Karena itu saya membeli perpanjangan kabel USB yang totalnya berukuran 4M. Saya naik ke atas dinding kamar kerja yang hampir menyentuh eternit atau langit-langit kamar, dan membuat dudukan untuk kabel lalu memasukkan kabel USB kesana, tidak lupa mencolokkan modem smartfren. Ujungnya yang satu dihubungkan ke access point, dan yang satunya lagi modem smartfren. Jadi modem saya sekarang berada di langit-langit.

Apalagi? Saya menghubungkan kabel RJ45 access point ke pot LAN yang ada di laptop. TP-Link R3420 memiliki 4 port untuk LAN, dan 1 untuk WAN. Saya mencolokkannya di port LAN pertama. Kemudian nyalakan laptop dan access point. Modem akan terdeteksi secara otomatis oleh R3420. Pada laptop buka browser lalu buka alamat 192.168.0.1. Ini adalah IP default TP-Link R3420 dan beberapa seri lainnya. IP ini digunakan untuk masuk ke dalam sistem setting access point. Setelah masuk, tentukan nama hotspot atau SSID, dan buat password untuk jaringan wifi kita agar tidak sembarang orang bisa masuk. Selain itu, lakukan juga setting bandwidth untuk IP bebas atau IP selain IP di device yang kita gunakan. Saya membatasi IP bebas hanya mendapat 2Kbps untuk setiap koneksi internet. Sisanya tentu buat IP saya. Jika beruntung kadang saya dapat melakukan download dengan kecepatan 120Kbps. Lumayan kan?

Selesai proses setting access point, kita sudah dapat menggunakan jaringan internet secara wireless. nah bagaimana untuk membuat data film, lagu, maupun foto dapat ditampilkan di layar TV kita? Dalam praktek ini saya menggunakan TV Samsung tipe tabung berukuran 21 inch. Persiapkan multimedia box patriot box office. Terdapat 2 cara untuk menghubungkan patriot box office dengan TV, pertama lewat kabel HDMI, kedua lewat kabel standar merah-putih-kuning. Karena saya menggunakan TV tempo dulu maka belum tersedia port HDMI. Jadi saya menggunakan 3 kabel standar, merah dan putih untuk bagian audio, dan kuning untuk video. Patriot juga menyediakan 2 buah port untuk USB, di bagian depan dan belakang. Saya menggunakan port USB bagian belakang untuk mencolokkan USB wifi dongle bawaan patriot. Nyalakan patriot lalu masuk ke setting dan temukan menu koneksi. Di bagian wifi lakukan searching untuk menemukan laptop yang terhubung dengan access point tadi. Lalu akan muncul alamat IP. Laptop menggunakan IP 192.168.0.100, dan itulah yang tertera dilayar TV, klik tombol hubungkan.

Selesai, Kembali lagi ke lappppptoppp. Kita sudah dapat menyaksikan berbagai file multimedia yang ada di laptop lewat TV. Persoalannya kita belum melakukan sharing folder apa saja yang bisa ditonton di TV. Masuklah ke menu windows explorer dengan menekan tombol windows + tombol E. Temukan folder yang hendak dishare, klik tombol keyboard menu, pilih menu sharing. Contreng bagian di dalamnya agar folder yang kita masuk dishare. Yup. Selesai. Kembali ke patriot.

Temukan menu explorer, maka akan muncul bagian folder yang kita share tadi di layar TV. Folder yang saya uji berisi file-file MP3. Klik tombol Enter pada remote patriot, MP3 yang saya pilih akan langsung menyala. Saya juga menambahkan speaker active ke TV agar suara semakin enak didengar. Nah, saya tidak perlu lagi menyalakan DVD player lagi untuk mendengarkan lagu.

Untuk bagian pertama penulis sudahi sampai disini dulu. Pada bagian kedua nanti kita akan membicarakan soal penggunaan ponsel atau tablet android untuk mempermudah koneksi internet wifi atau yang lainnya. tetaplah semangat untuk belajar.

herman.aksara
Admin forum Seniman Buta
Seniman Buta Production

Santika Lucky Sta


Murid Seniman Buta
Murid Seniman Buta
Mantap suhu..

Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik